Kamis, 02 Mei 2019

PENDIDIKAN


LAPORAN SIMULASI
PEMBELAJARAN TERPADU DI SD ( PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2019.1





DISUSUN OLEH :

NAMA                           : SUGIARTI  S. Pd. I
NIM                               : 856691216
SEMESTER                 : 1  (SATU)
POKJAR                       : SEKAYU
KABUPATEN MUSI BANYUASIN





UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR SEKAYU
TAHUN 2019





KATA PENGANTAR

        Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ini sebagai suat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester I (satu) masa ujian 2019.1.
       Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.       Ibu Aminah, S. Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang telah membantu saya secara administrasi.
2.       Bapak Zaidan Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
3.   Bapak Alamsyah, SH, selaku Kepala MI. Istiqomah Sekayu yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
4.       Ibu      Siti  Zuchriyah, S. Pd. I  selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
5.       Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
       Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.


Sekayu,   06  April  2019
Mahasiswa



SUGIARTI, S. Pd.I
NIM. 856691216


DAFTAR ISI


Halaman
1.     HALAMAN JUDUL  
                                                                                         
2.     KATA PENGANTAR           
                                                                       
3.     DAFTAR ISI                       
                                                                                               
4.     TEMA 5 : PENGALAMANKU
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik                                                                                           
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu 
C.     Bahan Ajar                                                                                                                 
D.    Lembar Kerja Siswa                                                                                                     
E.     APKG 1                                                                                                                      
F.      APKG 2                                                                                                                     
G.    Lembar Refleksi                                                                                                       
H.    Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Terpadu                                                        
I.     Rekapitulasi Nilai Praktik         
5.     PENUTUP 
6.     DAFTAR PUSTAKA
                                                                                                           
8.      LAMPIRAN



























 













SATUAN  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 5 SEMESTER 2
TEMA : PENGALAMANKU

MATA PELAJARAN
:
1.   BAHASA INDONESIA
2.   MATEMATIKA
3.   SBDP
TEMA
:
PENGALAMANKU
KELAS /SEMESTER
:
2 (LIMA)/ 1 (SATU)
WAKTU
:
2 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)

I.    KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
:
3.6  Mencermati  puisi  anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
MATEMATIKA
:
3.6 Menjelaskan  dan  menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBDP
:
3. 3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari

II.   INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
:
3.6  Mencermati  puisi  anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
MATEMATIKA
:
3.6 Menjelaskan  dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBDP
:
3. 3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari

III.    MATERI POKOK
·           Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak.
·           Membaca indah puisi anak.
·           Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak.
·           Menuliskan isi puisi anak.
·           Mencari ukuran panjang
·           Mengenal  gerak  keseharian  dan  alam  dalam  tari
·           Menyayikan  lagu  lihat  kebunku

IV. METODE PEMBELAJARAN
·        Tanya  jawab
·        Penugas
·        Ceramah

V.  STRATEGI  PEMBELAJARAN
a . Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
·     Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan Sikap disiplin setiap saat dan Manfaat bagi tercapainya Cita-cita.
·     Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menenamkan semangat kebangsaan (Nasionalisme).
·     Pembiasaan membaca Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap belajar.
·     Kelas dibuka dengan salam, menayakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·     Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa yang hari itu datang paling awal. (Menghargai kedisiplinan siswa/ PPK)
·     nyaring 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia (Misal: Ibnu Sina Isaac Newton. dll).
·     Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan Kegiatan Literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan –pertanyaan berikut:
»      Apa yang tergambar pada sampul buku?
»      Apa judul buku?
»      Kira-kira buku ini menceritakan apa?
»      Pernahkah kamu membaca judul seperti ini?
»           Apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·     Pada saat membaca, guru menujukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·     Setelah itu guru membacakan buku, siswa diminta membuat peta cerita/ mind map.
·     Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
·     Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

b.   Kegiatan Inti (65Menit)

Ayo Membaca (Mengamati)
·     Siswa membaca teks puisi  (mecoba).
·     Siswa membaca dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspres yang tepat (mencoba).
·     Siswa membaca puisi di depan kelas (mencoba).

Ayo Mengamati (Mengamati)
·     Siswa mendengarkan temannya membacakan puisi (mengamati).
·     Siswa menyampaikan pendapatnya tentang penampilan temannya berpuisi (mengomunikasikan).
· Siswa mengomentari tentang penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi temannya saat berpuisi (mengomunikasikan).
·     Siswa menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan (mencoba).
·     Siswa mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan (menalar).
Ayo Mengamati (Mengamati)
·     Siswa mengamati penjelasan  guru tentang  satuan panjang(mengamati).
·     Siswa bertanya jawab tentang materi (menanya)
·     Siswa mengamati contoh soal cerita (mengamati).
·     Siswa mengamati cara penyajian dalam menyelesaikan soal cerita (mengamati).
·     Siswa mengerjakan soal cerita (mencoba dan menalar).
Ayo Berlatih (Mencoba)
·     Siswa memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang (menalar).
·     Siswa menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang (menalar).
·     Siswa mengerjakan soal cerita tentang pemecahan masalah (menalar)
Ayo Mengamati (Mengamati)
·    Siswa mengamati gambar beberapa gerakan yang diperagakan oleh Beni (mengamati).
·    Siswa bertanya jawab tentang gambar Beni yang memperagakan berbagai gerakan dengan hitungan 1-8 (menanya).
Ayo Berlatih (Mencoba)
·    Siswa melakukan gerakan yang dicobakan oleh Beni (mencoba).
·    Siswa menggabungkan semua gerakan yang dicontohkan Beni (mencoba).
·    Siswa melakukan gerakan tarian kemenangan (mencoba).

c.   Kegiatan Akhir/Penutup (15 Menit)
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

VI.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·            Lingkungan sekitar (tata cara kehidupan daerah)
·            Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPS)
·            Proyektor
·            Power Point

VII. PENILAIAN
I.     Penilaian Hasil Pembelajaran :
1)        Teknik Penilaian.
a.         Penilaian Sikap: (K-2) Lembar Observasi
b.         Penilaian pengetahuan: (K-3) Tes
c.          Penilaian keterampilan: (K-4) Unjuk Kerja
2)        Bentuk Instrumen Penilaian.
a.         Sikap.
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.

Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan
Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.

.....



2.

.....




3)         Pengetahuan.
Skor Maksimal: 100
Jumlah Skor yang diperoleh  X  100
             Skor maksimal


Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai (skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B   (Baik)
51-65
C
C (Cukup

a.             Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan.
1)         Menggunakan botol bekas.
2)         Pola kepala hewan.
3)         Warna sesuai dengan pola hewan tertentu.
b.             Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.
1)         Pola pot bekas.
2)         Cat Warna.
3)         Kuas.
4)         Botol Minuman Bekas.
c.             Memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang.
1.          4,56 m.
2.          7,5 m.
3.          90 m.

4)         Keterampilan.

a.             Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat).

No.

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Membaca puisi
dengan lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat.
Mampu membaca
puisi dengan
lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat.
Mampu
membaca
sebagian besar isi puisi dengan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
yang tepat.
Mampu membaca
sebagian kecil
isi puisi dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat.
Belum mampu
membaca
dengan lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat.
2.
Membaca puisi
dengan lancar
dan percaya diri.
Mampu membaca
puisi dengan
lancar dan percaya diri.
Mampu
membaca
sebagian besar isi puisi dengan lancar dan percaya diri.
Mampu membaca
sebagian kecil
isi puisi dengan lancar dan percaya diri.
Belum mampu
membaca puisi
dengan lancar
dan percaya diri.

b.             Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).

No.

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Mengoreksi
pembacaan puisi
tentang lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat.
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi tentang lafal, intonasi, dan ekspresi.
Mampu
mengoreksi
pembacaan
puisi tentang
lafal dan
intonasi saja
atau sebaliknya.
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
tentang lafal saja
atau sebaliknya.
Belum mampu
mengoreksi
pembacaan
puisi tentang
lafal, intonasi,
dan ekspresi.
2.
Mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
santun.
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
sangat santun.
Mampu
mengoreksi
pembacaan
puisi
menggunakan
bahasa yang
santun.
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
cukup santun.
Belum mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
santun.

c.             Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat.

No.

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Menulis puisi
tentang
lingkungan.
Mampu menulis
seluruh isi
puisi tentang
lingkungan.
Mampu menulis
sebagian besar isi puisi tentang
lingkungan.
Mampu menulis
sebagian kecil
isi puisi tentang
lingkungan.
Belum mampu
menulis isi
puisi tentang
lingkungan.
2.
Mendaftar
kata-kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
Mampu mendaftar
8-10 kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
Mampu
mendaftar
4-7 kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
Mampu mendaftar
0-3 kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
Belum mampu
mendaftar
kata-kata yang
sesuai dengan
lingkungan.

d.             Membuat karya hiasan (Pot Bunga) dengan bahan buatan (Botol Bekas).

No.

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kerapian
membuat hiasan
pot bunga dengan botol bekas.
Siswa membuat
hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas
dengan rapi.
Sebagian besar hiasan pot bunga yang
menggunakan
botol bekas
dibuat dengan
rapi.
Sebagian kecil
hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas dibuat
dengan rapi.
Belum mampu
membuat
hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas
dengan rapi.
2.
Kebersihan
membuat hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
Siswa membuat
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas
dengan bersih.
Sebagian
besar hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas
dibuat dengan
bersih.
Sebagian kecil
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas dibuat
dengan bersih.
Belum mampu
membuat
hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas
dengan bersih.
3.
Partisipasi
membuat hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
Siswa
berpartisipasi
sangat aktif
dari awal hingga
akhir membuat
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas.
Siswa
berpartisipasi
aktif dari awal
hingga akhir
membuat
hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
Siswa
berpartisipasi
cukup aktif dari
awal hingga
akhir membuat
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas.
Siswa
berpartisipasi
kurang aktif dari
awal hingga
akhir membuat
hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.

e.             Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang.

No.

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Mampu
memecahkan soal
cerita.
Siswa mampu
memecahkan soal cerita dengan cara
sangat lengkap.
Siswa mampu
memecahkan
soal cerita
dengan cara
lengkap.
Siswa mampu
memecahkan soal cerita dengan cara
kurang lengkap
Belum mampu
memecahkan
soal cerita.
2.
Mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan
lengkap.
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat sangat lengkap.
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita
dengan kalimat
lengkap.
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat kurang lengkap.
Belum mampu
menyimpulkan
soal cerita.

Pengayaan
·           Guru memberikan latihan lanjutan berupa menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat.
·           Guru meminta siswa melakukan latihan lanjutan dengan membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
·           Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang.

Remedial
·           Guru mengulang kembali kegiatan menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat.
·           Guru membimbing siswa yang belum mampu membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
·           Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang.

Kegiatan bersama Orang Tua
·           Orang tua harus membimbing anak.
·           Anak menyiapkan pot dari botol bekas.

VIII.       SUMBER RUJUKAN
-   Sriwilujeng, Dyah dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik. Malang : Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama
-   Kusuma, Anis dan Sunarso. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas

Mengetahui
TUTOR



ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, MT
Sekayu, 06 April 2019
Guru Tematik



SUGIARTI
NIM. 856691216





























LEMBAR KERJA SISWA  
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2
TEMA : PENGALAMANKU

TUGAS PORTOFOLIO KELOMPOK

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
..........................................................
..........................................................

Soal

A.        BAHASA INDONESIA
Ketupat  Lebaran
Ketupat  lebaran  dengan  sayap  opor  ayam
Disantap  sepulang  dari  shalat  Idul  Fitri
Untuk  kakek  dan  nenek,  tetangga  dan  sahabat
Senangnya,  Subhanallah  sungguh  nikmat
Ketupat  lebaran  dengan  sambal  goreng  hati
Tersedia  di  meja  sepulang  dari  shalat
Memang  sedap  dan  enak  dan  gurih
Cobalah  ketupat,  Alhamdulillah  sungguh  nikmat

Bacalah  puisi  di  atas !
Jawablah  pertanyaan  berikut !
1.    Apa  judul puisi di atas ?
2.    Sebutkan  kata  yang  baik  pada  puisi  tersebut ?
3.    Kapan  ketupat  dan opor  ayam  disantap?

B.     MATEMATIKA

Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.  Panjang badan komodo 146 cm. Panjang ekor komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan dan ekor komodo tersebut?
2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Komodo betina panjangnya 298 cm. Berapa cm panjang kedua komodo?

C.    SBDP


Lihat  kebunku

Lihat  kebunku  penuh  dengan  bunga
Ada  yang  merah  dan  ada  yang  putih
Setiap  hari  kusiram  semua
Mawar  melati  semuanya  indah

Tentukan kuat lemah tekanan lagu “Lihat Kebunku”!
Tentukan juga panjang pendek bunyi lagunya!
Berikan tanda centang!


Kunci Jawaban

BAHASA INDONESIA
1.         Ketupat  lebaran
2.         Subhanallah  sungguh  nikmat ketupat  lebaran  dengan  sambal  goreng  hati
3.         Sepulang  dari  shalat  Idul  Fitri

MATEMATIKA

1. Panjang badan komodo 146 cm. Ditambah Panjang ekor komodo 152 cm. Jadi panjang badan dan ekor komodo tersebut adalah 298
2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Ditambah Komodo betina panjangnya 298 cm. Jadi  panjang kedua komodo adalah 612

SBDP

Potongan  lirik  lagu
Panjang/ Pendek
Kuat/ Lemah
Lihat  kebunku
ü   
ü   
Penuh  dengan  bunga
ü   
ü   
Ada  yang  putih
ü   
ü   
Dan  ada  yang  merah
ü   
ü   
Semuanya  indah
ü   
ü   



BAHAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 1
TEMA : PENGALAMANKU

1 . BAHASA INDONESIA
     Puisi
Ketupat  Lebaran

Ketupat  lebaran  dengan  sayap  opor  ayam
Disantap  sepulang  dari  shalat  Idul  Fitri
Untuk  kakek  dan  nenek,  tetangga  dan  sahabat
Senangnya,  Subhanallah  sungguh  nikmat
Ketupat  lebaran  dengan  sambal  goring  hati
Tersedia  di  meja  sepulang  dari  shalat
Memang  sedap  dan  enak  dan  gurih
Cobalah  ketupat,  Alhamdulillah  sungguh  nikmat




  1. MATEMATIKA


Diketahui Tinggi botol pertama = 26 cm
Tinggi botol kedua = 15 cm
Ditanyakan tinggi kedua botol

Jawab: Tinggi kedua botol sama dengan tinggi botol 1 ditambah tinggi botol 2 = 26 cm + 15 cm = 41 cm
Jadi, tinggi kedua botol adalah 41 cm



2.    SBDP

Mengenal gerakan anggota  tubuh
Hasil gambar untuk gambar gerakan pembelajaran gerak tari kelas 2

Lihat  kebunku

Lihat  kebunku  penuh  dengan  bunga
Ada  yang  merah  dan  ada  yang  putih
Setiap  hari  kusiram  semua
Mawar  melati  semuanya  indah



















ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU


1.      NAMA MAHASISWA  
2.      NIM                                 
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                              
7.      WAKTU                          
8.      TANGGAL                          

:
:
:
:
:


:
:
:

SUGIARTINIM. 
856691216
MI  ISTIQOMAH  SEKAYU
2 / 1
1.   BAHASA INDONESIA
2.   MATEMATIKA
3.   SBDP
PENGALAMANKU
07.30 S.D 09.15 WIB
06 APRIL  2019

PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.   Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
A1A
A2A
A3A
A4A
A5A
1.1  Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
1.2  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai  dengan Standar Isi dan Kompetensi
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
1.3 Merumuskan tujuan/indikator
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 1 = A
2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan   materi dari 3 mata pelajaran
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
2.3 Memilih sumber belajar
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 2 = B
3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
3.2  Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
3.4  Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
3.5  Menentukan cara-cara memotivasi siswa
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 3 = C
4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 4 = D
5.      Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 5 = E
6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu
6.1  Kebersihan dan kerapian
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
6.2  Penggunaan bahasa tulis
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 6 = F
7        Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R

R =
A+B+C+D+E+F+G
= .....
7

R = Rata-rata Butir

Mengetahui
TUTOR




Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,















ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA        
NIM                           
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN


TANGGAL               
KELOMPOK BELAJAR     
UPBJJ-UT                              
:
:
:
:
:
:


:
:
:
SUGIARTINIM. 
856691216
MI  ISTIQOMAH  SEKAYU
2/ 1
PENGALAMANKU
1.   BAHASA INDONESIA
2.   MATEMATIKA
SB SBDP
6 April  2019
SEKAYU
PALEMBANG

PETUNJUK :
1.    Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.    Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran  serta dampaknya pada diri siswa.
3.    Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.    Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan  khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.     1.  Melakukan pembelajaran
1
2
3
4
5
a.       Melaksanakan tugas rutin kelas
AD
AD
AD
AD
AD
b.      Memulai kegiatan pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
AD
AD
AD
AD
AD
d.      Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
AD
AD
AD
AD
AD
e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan
AD
AD
AD
AD
AD
f.       Menggunakan media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
AD
AD
AD
AD
AD
g.      Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
AD
AD
AD
AD
AD
h.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 1 = P
2.     2. Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
AD
AD
AD
AD
AD
b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
AD
AD
AD
AD
AD
c.       Melakukan komunikasi secara efektif
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 2 = Q
3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
a.      Bahasa Indonesia
1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
AD
AD
AD
AD
AD
2)      Memberikan latihan keterampilan berbahasa
AD
AD
AD
AD
AD
3)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 3a = R
b.      PKN
1)      Mengembangkan pemahaman konsep waktu
AD
AD
AD
AD
AD
2)      Mengembangkan pemahaman konsep ruang
AD
AD
AD
AD
AD
3)      Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 3b = R
c.       IPS
1)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
AD
AD
AD
AD
AD
2)      Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan
AD
AD
AD
AD
AD
3)      Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 3c = R
4.     4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
a.       Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 4 = S
5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.       Peka terhadap kemampuan  berbahasa
AD
AD
AD
AD
AD
b.      Penampilan guru dalam pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
c.       Keefektifan pembelajaran terpadu
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 5 = T

Nilai APKG  =  K

R =
P+Q+R+S+T
= .....
5
R = Rata-rata Butir


Mengetahui
TUTOR





Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,






LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU

Nama Mahasiswa           :  
NIM                                :
Nama Sekolah                :
Jumlah Siswa                 :


1.         Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
Jawab :
Cara  saya  memilih  tema  adalah  dengan  membuka  Buku  Pedoman  Guru  Tematik  untuk  kelas   dengan  tema  Makanan Sehat

2.         Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas  2 saya sendiri?
Jawab :
Saya merasa senang karena siswa saya  lebih mudah memahami  materi yang saya sampaikan.


3.    Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawab :
Masalah  yang  saya  alami  saat  melakukan  praktek  pembelajaran  terpadu  di  kelas  saya  sendiri  adalah  penguasaan  saya  terhadap  kelas  masih   kurang.


4.    Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
Jawab :
Reaksi/  kesan  siswa  saya  pada  saat  melakukan  praktek  pembelajaran  di  kelas  cukup  tertarik  dengan  materi  pembelajaran  yang  saya  sampaikan


5.    Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
Jawab :
Kometar/  saran  teman  sejawat  terhadap  penampilan  saya  saat  praktek  melaksanakan  pembelajaran  terpadu  adalah  agar  saya  terus  belajar  dan  menggunakan  metode  yang  beragam  agar  pembelajaran  lebih  menarik  lagi  dan  lebih  mudah dipahai  oleh  siswa.





LEMBAR  PENGESAHAN
HASIL  PRAKTEK  PEMBELAJARAN  TERPADU
DI  SIMULASI MI  ISTIQOMAH  SEKAYU


NAMA            :           SUGIARTI
 NIM               :           856691216
POKJAR        :           SEKAYU
SEMESTER   :           1
KELAS           :           B


DISAHKAN

TUTOR                                                                      KEPALA  SEKOLAH




ZAIDAN JAUHARI, S. Pd. MT                                              ALAMSYAH, SH



















LEMBAR  PERTANYAAN  SISWA  UNTUK  LAPORAN  SIMULASI  PEMBELAJARAN  TERPADU  DI  SD

Nama  siswa    : SITI  ZUCHRIYAH

1.     Bagaimana  sebaiknya  sikap  kita  dalam  membaca  puisi ?
Sikap  yang  kita  lakukan  dalam  membaca  puisi  yaitu  dengan  menyesuaikan  isi  dari  puisi  tersebut,  saat  membaca  puisi  suara  harus  lantang  dan  tegas, ekspresi di  sesuaikan  dengan  isi  puisi.


Nama  siswa        :  RIO HANDOYO
2.     Bagaimana  menentukan  panjang  pendek  nada  lagu  lihat  kebunku

Potongan  lirik  lagu
Panjang/ Pendek
Kuat/ Lemah
Lihat  kebunku
ü   
ü   
Penuh  dengan  bunga
ü   
ü   
Ada  yang  putih
ü   
ü   
Dan  ada  yang  merah
ü   
ü   
Semuanya  indah
ü   
ü   

  
FOTO  KEGIATAN  SIMULASI  PEMBELAJARAN  TERPADU 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar