LAPORAN SIMULASI
PEMBELAJARAN TERPADU
DI SD ( PDGK 4205 )
MASA
UJIAN 2019.1
DISUSUN OLEH :
NAMA
: SUGIARTI S. Pd.
I
NIM
: 856691216
SEMESTER
: 1 (SATU)
POKJAR
: SEKAYU
KABUPATEN MUSI BANYUASIN
UNIVERSITAS
TERBUKA (UT)
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR
SEKAYU
TAHUN
2019
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu,
Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu ini sebagai suat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu
di SD semester I
(satu) masa ujian 2019.1.
Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran
Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali
kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya
mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya
juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Ibu Aminah, S. Pd
selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang
telah membantu saya secara administrasi.
2.
Bapak Zaidan
Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
3. Bapak Alamsyah, SH, selaku Kepala MI. Istiqomah Sekayu
yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
4.
Ibu Siti Zuchriyah, S. Pd. I selaku
teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan
praktik di sekolah.
5.
Semua pihak yang
tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi
teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih
untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.
Sekayu, 06 April 2019
Mahasiswa
SUGIARTI, S. Pd.I
NIM. 856691216
DAFTAR ISI
Halaman
1.
HALAMAN JUDUL
2.
KATA PENGANTAR
3.
DAFTAR ISI
4.
TEMA 5 : PENGALAMANKU
A. Peta
Jaring-Jaring Tematik
B. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
C. Bahan
Ajar
D. Lembar
Kerja Siswa
E. APKG
1
F. APKG
2
G. Lembar
Refleksi
H. Lembar Penilaian Simulasi
Pembelajaran Terpadu
I. Rekapitulasi
Nilai Praktik
5.
PENUTUP
6.
DAFTAR PUSTAKA
8. LAMPIRAN
SATUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN TERPADU KELAS 5 SEMESTER 2
TEMA : PENGALAMANKU
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
1. BAHASA
INDONESIA
2. MATEMATIKA
3. SBDP
|
TEMA
|
:
|
PENGALAMANKU
|
KELAS /SEMESTER
|
:
|
2 (LIMA)/ 1 (SATU)
|
WAKTU
|
:
|
2 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
|
I. KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
|
:
|
3.6
Mencermati puisi
anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan
lisan.
|
MATEMATIKA
|
:
|
3.6 Menjelaskan dan
menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan
baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBDP
|
:
|
3. 3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
|
II. INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
|
:
|
3.6
Mencermati puisi
anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan
lisan.
|
MATEMATIKA
|
:
|
3.6 Menjelaskan
dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan
baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBDP
|
:
|
3. 3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
|
III. MATERI POKOK
·
Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak.
·
Membaca indah puisi anak.
·
Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak.
·
Menuliskan isi puisi anak.
·
Mencari ukuran panjang
·
Mengenal
gerak keseharian dan
alam dalam tari
·
Menyayikan lagu
lihat kebunku
IV. METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya jawab
·
Penugas
·
Ceramah
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a . Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
·
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan Sikap disiplin setiap saat dan Manfaat bagi tercapainya
Cita-cita.
·
Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menenamkan semangat kebangsaan (Nasionalisme).
· Pembiasaan
membaca Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap
belajar.
·
Kelas dibuka dengan salam, menayakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin
oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa yang
hari itu datang paling awal. (Menghargai kedisiplinan siswa/ PPK)
·
nyaring 15 menit dimulai dengan guru
menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia (Misal: Ibnu Sina
Isaac Newton. dll).
·
Sebelum membacakan buku, guru
menjelaskan tujuan Kegiatan Literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan
–pertanyaan berikut:
»
Apa yang tergambar pada sampul buku?
»
Apa judul buku?
»
Kira-kira buku ini menceritakan apa?
»
Pernahkah kamu membaca judul seperti
ini?
»
Apa saja yang kamu ingin ketahui dari
buku ini?
·
Pada saat membaca, guru menujukkan
ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·
Setelah itu guru membacakan buku, siswa
diminta membuat peta cerita/ mind map.
·
Guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran
yang akan disampaikan.
·
Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
b.
Kegiatan Inti (65Menit)
Ayo
Membaca (Mengamati)
· Siswa membaca teks puisi (mecoba).
· Siswa membaca dengan memperhatikan
penggunaan lafal, intonasi, dan ekspres yang tepat (mencoba).
· Siswa membaca puisi di depan kelas
(mencoba).
Ayo
Mengamati (Mengamati)
· Siswa mendengarkan temannya membacakan
puisi (mengamati).
· Siswa menyampaikan pendapatnya tentang
penampilan temannya berpuisi (mengomunikasikan).
· Siswa mengomentari tentang penggunaan
lafal, intonasi, dan ekspresi temannya saat berpuisi (mengomunikasikan).
· Siswa menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan (mencoba).
· Siswa mengartikan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan (menalar).
Ayo
Mengamati (Mengamati)
· Siswa mengamati penjelasan guru tentang
satuan
panjang(mengamati).
· Siswa bertanya jawab tentang materi (menanya)
· Siswa mengamati contoh soal cerita
(mengamati).
· Siswa mengamati cara penyajian dalam
menyelesaikan soal cerita (mengamati).
· Siswa mengerjakan soal cerita (mencoba
dan menalar).
Ayo
Berlatih (Mencoba)
· Siswa memecahkan masalah sehari-hari
tentang satuan panjang (menalar).
· Siswa menyajikan penyelesaian masalah
sehari-hari tentang panjang (menalar).
· Siswa mengerjakan soal cerita tentang
pemecahan masalah (menalar)
Ayo Mengamati (Mengamati)
· Siswa
mengamati gambar beberapa gerakan yang diperagakan oleh Beni (mengamati).
· Siswa
bertanya jawab tentang gambar Beni yang memperagakan berbagai gerakan dengan
hitungan 1-8 (menanya).
Ayo Berlatih (Mencoba)
· Siswa
melakukan gerakan yang dicobakan oleh Beni (mencoba).
· Siswa
menggabungkan semua gerakan yang dicontohkan Beni (mencoba).
· Siswa
melakukan gerakan tarian kemenangan (mencoba).
c. Kegiatan
Akhir/Penutup (15 Menit)
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung: Apa saja
yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
2.
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
VI. ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
·
Lingkungan
sekitar (tata cara kehidupan daerah)
·
Buku Teks siswa
(Bahasa Indonesia, Matematika dan IPS)
·
Proyektor
·
Power Point
VII. PENILAIAN
I. Penilaian Hasil
Pembelajaran :
1)
Teknik
Penilaian.
a.
Penilaian
Sikap: (K-2) Lembar Observasi
b.
Penilaian
pengetahuan: (K-3) Tes
c.
Penilaian
keterampilan: (K-4) Unjuk Kerja
2)
Bentuk
Instrumen Penilaian.
a.
Sikap.
Sikap siswa
yang muncul ketika proses pembelajaran.
Contoh
Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
.....
|
|
|
|
2.
|
|
.....
|
|
|
|
3)
Pengetahuan.
Skor Maksimal: 100
Jumlah Skor yang diperoleh
X 100
Skor maksimal
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B
(Baik)
|
51-65
|
C
|
C
(Cukup
|
a.
Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat
dengan bahan buatan.
1)
Menggunakan botol bekas.
2)
Pola kepala hewan.
3)
Warna sesuai dengan pola hewan tertentu.
b.
Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat
karya hiasan.
1)
Pola pot bekas.
2)
Cat Warna.
3)
Kuas.
4)
Botol Minuman Bekas.
c.
Memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang.
1.
4,56 m.
2.
7,5 m.
3.
90 m.
4)
Keterampilan.
a.
Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat).
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Membaca puisi
dengan lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat.
|
Mampu membaca
puisi dengan
lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat.
|
Mampu
membaca
sebagian besar isi puisi
dengan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
yang tepat.
|
Mampu membaca
sebagian kecil
isi puisi dengan lafal,
intonasi,
dan ekspresi yang tepat.
|
Belum mampu
membaca
dengan lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat.
|
2.
|
Membaca puisi
dengan lancar
dan percaya diri.
|
Mampu membaca
puisi dengan
lancar dan percaya diri.
|
Mampu
membaca
sebagian besar isi puisi
dengan lancar dan percaya diri.
|
Mampu membaca
sebagian kecil
isi puisi dengan lancar dan
percaya diri.
|
Belum mampu
membaca puisi
dengan lancar
dan percaya diri.
|
b.
Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam
(ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mengoreksi
pembacaan puisi
tentang lafal,
intonasi, dan
ekspresi yang
tepat.
|
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi tentang
lafal, intonasi, dan ekspresi.
|
Mampu
mengoreksi
pembacaan
puisi tentang
lafal dan
intonasi saja
atau sebaliknya.
|
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
tentang lafal saja
atau sebaliknya.
|
Belum mampu
mengoreksi
pembacaan
puisi tentang
lafal, intonasi,
dan ekspresi.
|
2.
|
Mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
santun.
|
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
sangat santun.
|
Mampu
mengoreksi
pembacaan
puisi
menggunakan
bahasa yang
santun.
|
Mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
cukup santun.
|
Belum mampu
mengoreksi
pembacaan puisi
menggunakan
bahasa yang
santun.
|
c.
Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang
tepat.
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menulis puisi
tentang
lingkungan.
|
Mampu menulis
seluruh isi
puisi tentang
lingkungan.
|
Mampu menulis
sebagian besar isi puisi
tentang
lingkungan.
|
Mampu menulis
sebagian kecil
isi puisi tentang
lingkungan.
|
Belum mampu
menulis isi
puisi tentang
lingkungan.
|
2.
|
Mendaftar
kata-kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
|
Mampu mendaftar
8-10 kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
|
Mampu
mendaftar
4-7 kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
|
Mampu mendaftar
0-3 kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
|
Belum mampu
mendaftar
kata-kata yang
sesuai dengan
lingkungan.
|
d.
Membuat karya hiasan (Pot Bunga) dengan bahan buatan
(Botol Bekas).
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kerapian
membuat hiasan
pot bunga dengan botol
bekas.
|
Siswa membuat
hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas
dengan rapi.
|
Sebagian besar hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas
dibuat dengan
rapi.
|
Sebagian kecil
hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas dibuat
dengan rapi.
|
Belum mampu
membuat
hiasan pot
bunga yang
menggunakan
botol bekas
dengan rapi.
|
2.
|
Kebersihan
membuat hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
|
Siswa membuat
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas
dengan bersih.
|
Sebagian
besar hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas
dibuat dengan
bersih.
|
Sebagian kecil
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas dibuat
dengan bersih.
|
Belum mampu
membuat
hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas
dengan bersih.
|
3.
|
Partisipasi
membuat hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
|
Siswa
berpartisipasi
sangat aktif
dari awal hingga
akhir membuat
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas.
|
Siswa
berpartisipasi
aktif dari awal
hingga akhir
membuat
hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
|
Siswa
berpartisipasi
cukup aktif dari
awal hingga
akhir membuat
hiasan pot bunga
menggunakan
botol bekas.
|
Siswa
berpartisipasi
kurang aktif dari
awal hingga
akhir membuat
hiasan
pot bunga
menggunakan
botol bekas.
|
e.
Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang
panjang.
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mampu
memecahkan soal
cerita.
|
Siswa mampu
memecahkan soal cerita
dengan cara
sangat lengkap.
|
Siswa mampu
memecahkan
soal cerita
dengan cara
lengkap.
|
Siswa mampu
memecahkan soal cerita
dengan cara
kurang lengkap
|
Belum mampu
memecahkan
soal cerita.
|
2.
|
Mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan
lengkap.
|
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat
sangat lengkap.
|
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita
dengan kalimat
lengkap.
|
Siswa mampu
menyimpulkan
soal cerita dengan kalimat
kurang lengkap.
|
Belum mampu
menyimpulkan
soal cerita.
|
Pengayaan
·
Guru memberikan latihan lanjutan berupa menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat.
·
Guru meminta siswa melakukan latihan lanjutan dengan
membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
·
Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu
memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang.
Remedial
·
Guru mengulang kembali kegiatan menuliskan isi puisi anak
tentang alam dengan ejaan yang tepat.
·
Guru membimbing siswa yang belum mampu membuat karya
hiasan dengan bahan buatan.
·
Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu
memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang.
Kegiatan bersama Orang
Tua
·
Orang tua harus
membimbing anak.
·
Anak menyiapkan pot
dari botol bekas.
VIII. SUMBER
RUJUKAN
- Sriwilujeng,
Dyah dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik.
Malang : Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama
- Kusuma,
Anis dan Sunarso. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Jakarta : Pusat
Perbukuan Depdiknas
Mengetahui
TUTOR
ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, MT
|
Sekayu, 06 April 2019
Guru Tematik
SUGIARTI
NIM. 856691216
|
LEMBAR KERJA
SISWA
MATA
PELAJARAN TERPADU KELAS 2
TEMA : PENGALAMANKU
|
TUGAS
PORTOFOLIO KELOMPOK
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK :
..........................................................
..........................................................
Soal
A.
BAHASA INDONESIA
Ketupat Lebaran
Ketupat lebaran dengan
sayap opor ayam
Disantap sepulang dari
shalat Idul Fitri
Untuk kakek dan
nenek, tetangga dan
sahabat
Senangnya, Subhanallah sungguh
nikmat
Ketupat lebaran dengan
sambal goreng hati
Tersedia di meja
sepulang dari shalat
Memang sedap dan
enak dan gurih
Cobalah ketupat, Alhamdulillah
sungguh nikmat
Bacalah puisi di
atas !
Jawablah pertanyaan berikut !
1.
Apa judul
puisi di atas ?
2.
Sebutkan kata
yang baik pada
puisi tersebut ?
3.
Kapan
ketupat dan opor ayam
disantap?
B. MATEMATIKA
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Panjang badan komodo 146 cm.
Panjang ekor komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan dan ekor komodo
tersebut?
2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Komodo betina panjangnya 298 cm.
Berapa cm panjang kedua komodo?
C. SBDP
Lihat kebunku
Lihat
kebunku penuh dengan
bunga
Ada
yang merah dan
ada yang putih
Setiap
hari kusiram semua
Mawar
melati semuanya indah
Tentukan kuat lemah tekanan lagu “Lihat Kebunku”!
Tentukan juga panjang pendek bunyi lagunya!
Berikan tanda centang!
Tentukan juga panjang pendek bunyi lagunya!
Berikan tanda centang!
Kunci Jawaban
BAHASA INDONESIA
1.
Ketupat
lebaran
2.
Subhanallah
sungguh nikmat ketupat lebaran
dengan sambal goreng
hati
3.
Sepulang
dari shalat Idul
Fitri
MATEMATIKA
1. Panjang badan komodo 146 cm. Ditambah Panjang ekor komodo 152 cm. Jadi panjang badan dan ekor
komodo tersebut adalah 298
2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Ditambah Komodo betina panjangnya 298
cm. Jadi panjang kedua komodo adalah 612
SBDP
Potongan lirik lagu
|
Panjang/ Pendek
|
Kuat/ Lemah
|
Lihat kebunku
|
ü
|
ü
|
Penuh dengan
bunga
|
ü
|
ü
|
Ada yang
putih
|
ü
|
ü
|
Dan ada
yang merah
|
ü
|
ü
|
Semuanya indah
|
ü
|
ü
|
BAHAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN TERPADU KELAS 2 SEMESTER 1
TEMA : PENGALAMANKU
|
1 . BAHASA INDONESIA
Puisi
Ketupat Lebaran
Ketupat lebaran
dengan sayap opor
ayam
Disantap sepulang
dari shalat Idul
Fitri
Untuk kakek
dan nenek, tetangga
dan sahabat
Senangnya, Subhanallah
sungguh nikmat
Ketupat lebaran
dengan sambal goring
hati
Tersedia di
meja sepulang dari
shalat
Memang sedap
dan enak dan
gurih
Cobalah ketupat,
Alhamdulillah sungguh nikmat
- MATEMATIKA
Diketahui Tinggi botol
pertama = 26 cm
Tinggi botol kedua = 15 cm
Ditanyakan tinggi kedua
botol
Jawab: Tinggi kedua botol
sama dengan tinggi botol 1 ditambah tinggi botol 2 = 26 cm + 15 cm = 41 cm
Jadi, tinggi kedua botol
adalah 41 cm
2. SBDP
Mengenal
gerakan anggota tubuh
Lihat kebunku
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
Ada yang
merah dan ada
yang putih
Setiap hari
kusiram semua
Mawar melati
semuanya indah
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA MAHASISWA
2. NIM
3. TEMPAT MENGAJAR
4. KELAS/SEMESTER
5. MATA PELAJARAN
6. TEMA
7. WAKTU
8. TANGGAL
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SUGIARTINIM.
856691216
MI ISTIQOMAH SEKAYU
2 / 1
1. BAHASA
INDONESIA
2. MATEMATIKA
3. SBDP
PENGALAMANKU
07.30 S.D 09.15 WIB
06 APRIL 2019
|
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah
semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir
penilaian dibawah ini.
1. Menentukan tema, bahan
pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
1.1 Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
1.2 Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi
|
|
||||||||||||||||||
1.3 Merumuskan
tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
2. Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|||||||||||||||||||
2.1 Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi dari 3
mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.2 Menentukan dan
mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.3 Memilih sumber
belajar
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.2 Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.4 Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.5 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
4. Merancang pengelolaan kelas
|
|||||||||||||||||||
4.1 Menentukan
cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
5. Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
|
|||||||||||||||||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian
|
|
||||||||||||||||||
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
6. Tampilan
dokumen rencana pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
6.1 Kebersihan dan
kerapian
|
|
||||||||||||||||||
6.2 Penggunaan
bahasa tulis
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
7 Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
|
|||||||||||||||||||
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
|
|
||||||||||||||||||
|
Nilai APKG 1
= R
R = Rata-rata
Butir
|
||||||||||||
Mengetahui
TUTOR
|
Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman
Sejawat,
|
|||||||||||
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA
NIM
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN
TANGGAL
KELOMPOK BELAJAR
UPBJJ-UT
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SUGIARTINIM.
856691216
MI ISTIQOMAH SEKAYU
2/ 1
PENGALAMANKU
1. BAHASA
INDONESIA
2. MATEMATIKA
SB SBDP
6 April 2019
SEKAYU
PALEMBANG
|
PETUNJUK :
1.
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.
Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian
di bawah ini.
4.
Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan.
1. 1. Melakukan pembelajaran
|
|
||||||||||
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas
|
|
||||||||||
b. Memulai
kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan
lingkungan
|
|
||||||||||
d. Melaksanakan
kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
|
|
||||||||||
e. Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi,
dan lingkungan
|
|
||||||||||
f. Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan
lingkungan
|
|
||||||||||
g. Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien
|
|
||||||||||
h. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
2. 2. Mengelola
interaksi kelas
|
|||||||||||
a. Menunjukkan
perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
|
|
||||||||||
b. Memicu dan
memelihara keterlibatan siswa
|
|
||||||||||
c. Melakukan
komunikasi secara efektif
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
3. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu
secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang
dinilai)
|
|||||||||||
a. Bahasa
Indonesia
|
|||||||||||
1) Mendemonstrasikan
penguasaan materi bahasa Indonesia
|
|
||||||||||
2) Memberikan
latihan keterampilan berbahasa
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
b. PKN
|
|||||||||||
1) Mengembangkan
pemahaman konsep waktu
|
|
||||||||||
2) Mengembangkan
pemahaman konsep ruang
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
c. IPS
|
|||||||||||
1) Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan
|
|
||||||||||
2) Penguasaan
materi Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
||||||||||
3) Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
4. 4. Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
|||||||||||
a. Melaksanakan
penilaian selama proses pembelajaran
|
|
||||||||||
b. Melaksanakan
penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
5. Kesan umum
pelaksanaan pembelajaran
|
|||||||||||
a. Peka
terhadap kemampuan berbahasa
|
|
||||||||||
b. Penampilan
guru dalam pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Keefektifan
pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
Nilai APKG 2 = K
R = Rata-rata Butir
|
Mengetahui
TUTOR
|
Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman
Sejawat,
|
LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK
PEMBELAJARAN TERPADU
Nama
Mahasiswa :
NIM :
Nama
Sekolah
:
Jumlah
Siswa
:
1.
Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
Jawab :
Cara saya
memilih tema adalah
dengan membuka Buku
Pedoman Guru Tematik
untuk kelas dengan
tema Makanan Sehat
2.
Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu
di kelas 2 saya sendiri?
Jawab :
Saya merasa senang karena siswa saya lebih mudah memahami materi yang saya
sampaikan.
3.
Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran
terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawab :
Masalah yang saya
alami saat melakukan
praktek pembelajaran terpadu
di kelas saya
sendiri adalah penguasaan
saya terhadap kelas
masih kurang.
4.
Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek
pembelajaran dikelas?
Jawab :
Reaksi/ kesan siswa
saya pada saat
melakukan praktek pembelajaran
di kelas cukup
tertarik dengan materi
pembelajaran yang saya
sampaikan
5.
Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah terhadap penampilan
saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
Jawab :
Kometar/ saran teman
sejawat terhadap penampilan
saya saat praktek
melaksanakan pembelajaran terpadu
adalah agar saya
terus belajar dan
menggunakan metode yang
beragam agar pembelajaran
lebih menarik lagi
dan lebih mudah dipahai
oleh siswa.
LEMBAR
PENGESAHAN
HASIL
PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU
DI SIMULASI
MI ISTIQOMAH SEKAYU
NAMA : SUGIARTI
NIM : 856691216
POKJAR : SEKAYU
SEMESTER : 1
KELAS : B
DISAHKAN
TUTOR KEPALA SEKOLAH
ZAIDAN JAUHARI, S. Pd. MT ALAMSYAH, SH
LEMBAR
PERTANYAAN SISWA UNTUK
LAPORAN SIMULASI PEMBELAJARAN
TERPADU DI SD
Nama siswa : SITI ZUCHRIYAH
1. Bagaimana sebaiknya sikap
kita dalam membaca
puisi ?
Sikap yang kita
lakukan dalam membaca
puisi yaitu dengan
menyesuaikan isi dari
puisi tersebut, saat
membaca puisi suara
harus lantang dan
tegas, ekspresi di sesuaikan dengan
isi puisi.
Nama siswa :
RIO HANDOYO
2. Bagaimana menentukan panjang
pendek nada lagu
lihat kebunku
Potongan lirik lagu
|
Panjang/ Pendek
|
Kuat/ Lemah
|
Lihat kebunku
|
ü
|
ü
|
Penuh dengan
bunga
|
ü
|
ü
|
Ada yang
putih
|
ü
|
ü
|
Dan ada
yang merah
|
ü
|
ü
|
Semuanya indah
|
ü
|
ü
|
FOTO KEGIATAN
SIMULASI PEMBELAJARAN TERPADU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar