LAPORAN SIMULASI
PEMBELAJARAN TERPADU
DI SD ( PDGK 4205 )
MASA
UJIAN 2019.1
DISUSUN OLEH :
NAMA
: SUGIARTI S. Pd.
I
NIM
: 85669
SEMESTER
: 1 (SATU)
POKJAR
: SEKAYU
KABUPATEN MUSI BANYUASIN
UNIVERSITAS
TERBUKA (UT)
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR
SEKAYU
TAHUN
2019
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu,
Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu ini sebagai suat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu
di SD semester I
(satu) masa ujian 2019.1.
Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran
Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali
kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya
mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya
juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Ibu Aminah, S. Pd
selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang
telah membantu saya secara administrasi.
2.
Bapak Zaidan
Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
3. Bapak Alamsyah, SH, selaku Kepala MI. Istiqomah Sekayu
yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
4.
Ibu Siti Zuchriyah selaku
teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan
praktik di sekolah.
5.
Semua pihak yang
tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi
teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih
untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.
Sekayu, 06 April 2019
Mahasiswa
SUGIARTI, S. Pd.I
NIM. 85669
DAFTAR ISI
Halaman
1.
HALAMAN JUDUL
2.
KATA PENGANTAR
3.
DAFTAR ISI
4.
TEMA 1 : KELUARGAKU
A. Peta
Jaring-Jaring Tematik
B. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
C. Bahan
Ajar
D. Lembar
Kerja Siswa
E. APKG
1
F. APKG
2
G. Lembar
Refleksi
H. Lembar Penilaian Simulasi
Pembelajaran Terpadu
I. Rekapitulasi
Nilai Praktik
5.
PENUTUP
6.
DAFTAR PUSTAKA
8. LAMPIRAN
|
SATUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA : KELUARGAKU
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
1. BAHASA
INDONESIA
2. MATEMATIKA
SBDP
|
TEMA
|
:
|
KELUARGAKU
|
KELAS /SEMESTER
|
:
|
5 (LIMA)/ 2 (DUA)
|
WAKTU
|
:
|
2 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
|
I. KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
|
:
|
3.3. Mengenal teks
terima kasih tentang kasih sayang dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
MATEMATIKA
|
:
|
3.1. Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada
di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
SBDP
|
:
|
4.13. Membuat karya
kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan
sekitar melalui kegiatanmelipat, menggunting dan menempel.
|
II. INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
|
:
|
3.3.1 Menyebutkan
anggota keluarga.
|
MATEMATIKA
|
:
|
3.3.1
Menyebutkan banyak
anggota keluarga.
|
SBDP
|
:
|
4.13.1
Membuat hiasan
bingkai foto keluarga dengan teknik menempel.
|
III. MATERI
POKOK
·
Menyebutkan anggota keluarga.
·
Menyebutkan banyaknya
anggota keluarga
·
Memberikan
contoh kebersamaan dalam keluarga.
·
Membuat hiasan
bingkai foto keluarga dengan teknik menempel.
·
Melakukan senam
irama sesuai contoh.
IV.
METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya jawab
·
Penugasan
·
Ceramah
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a
. Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
1. Mengajak siswa berdoa akan belajar (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran).
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan bertepuk tepuk.
4. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
kepada siswa yaitu tentang ”anggota keluarga”
b.
Kegiatan Inti (65Menit)
1. Siswa diminta mempersiapkan foto keluarga yang telah dibuat pada pembelajaran.
2. Siswa mengamati gambar keluarga
udin (mengamati).
3. Siswa mengamati gambar dan membaca teks
tentang anggota keluarga yang ada di buku siswa (mengumpulkan informasi).
4. Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan
dengan anggota keluarga (menalar).
5. Siswa diminta untuk mewawancarai minimal 10
orang temannya mengenai siapa saja anggota keluarganya (mengkomunikasikan).
6. Siswa menuliskan hasil wawancara pada tabel
yang sudah disediakan (menalar).
c. Kegiatan
Akhir/Penutup (15 Menit)
1. Bersama – sama siswa membuat kesimpulan
rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3. Melakukan penilaian.
4. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
VI. ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
·
Lingkungan
sekitar (tata cara kehidupan daerah)
·
Buku Teks siswa
·
Kurikulum mata
pelajaran
VII. PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa
dalam sikap disiplin.
b.
Penilaian Pengetahuan
Muatan
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instumen
|
BAHASA INDONESIA
|
Rubrik Berlatih (Penilaian Bahasa
Indonesia) Berilah tanda centang () pada bagian
yang memenuhi kriteria.
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
MATEMATIKA
|
Rubrik
Berlatih (Matematika)
Berilah
tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
SBDP
|
d.
Rubrik Berlatih (Penilaian Sbdp)
Berilah
tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
|
Tes tertulis
|
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
|
A. Unjuk
Kerja
Muatan
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instumen
|
Bahasa Indonesia
|
Penilaian
uji unjuk kerja
a.
Rubrik Mengamati Gambar
b. Rubrik Presentasi
|
Diskusi dan unjuk hasil
|
Rubrik penilaian
|
MATEMATIKA
|
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Mengamati Gambar
b. Rubrik Presentasi
|
Unjuk kerja dan hasil
|
Rubrik penilaian
|
SBDP
|
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Mengamati Gambar
b. Rubrik Presentasi Peta Konsep
|
Unjuk kerja dan hasil
|
Rubrik penilaian
|
c. Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan.
Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung.
d.
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka
kepada kelas lain.
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Jurnal
Penilaian Sikap
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
VIII. SUMBER
RUJUKAN
- Sriwilujeng,
Dyah dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik.
Malang : Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama
- Kusuma,
Anis dan Sunarso. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Jakarta : Pusat
Perbukuan Depdiknas
Mengetahui
Tutor
Zaidan Jauhari, S.Pd, MT
|
Sekayu, 06 April 2019
Guru Tematik
Sugiarti, S.Pd.I
|
Soal
A. BAHASA
INDONESIA
B. MATEMATIKA
C.
SBDP
Kunci
Jawaban
BAHASA INDONESIA
1. Kebijakan guru
2. Kebijakan guru
3. Kebijakan guru
MATEMATIKA
1. 8 + 8 = 16
2. 7 + 3 = 10
3. 6 + 5 = 11
SBDP
Kebijakan guru
BAHAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA : KELUARGAKU
|
BAHASA INDONESIA
MATEMATIKA
Penjumlahan
SBDP
LEMBAR KERJA
SISWA
MATA
PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA : KELUARGAKU
|
TUGAS
PORTOFOLIO KELOMPOK
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK :
..........................................................
..........................................................
BAHASA
INDONESIA
MATEMATIKA
SBDP
Kunci Jawaban
Bahasa
Indonesia
Kebijakan guru
MATEMATIKA
4. 8 + 8 = 16
5. 7 + 3 = 10
6. 6 + 5 = 11
SBDP
Kebijakan guru
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA
MAHASISWA
2. NIM
3. TEMPAT
MENGAJAR
4. KELAS/SEMESTER
5. MATA
PELAJARAN
6. TEMA
7. WAKTU
8. TANGGAL
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SUGIARTI
85669
MI ISTIQOMAH SEKAYU
1 / 1
1. BAHASA INDONESIA
2. MATEMATIKA
3. SBDP
KELUARGAKU
07.30 S.D 09.15 WIB
06 APRIL 2019
|
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang
akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah
semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir
penilaian dibawah ini.
1. Menentukan
tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
1.1 Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
1.2 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi
dan Kompetensi
|
|
||||||||||||||||||
1.3 Merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
2. Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|||||||||||||||||||
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
dari 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.3 Memilih sumber belajar
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
3. Merencanakan
skenario kegiatan pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.2 Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.4 Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.5 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
4. Merancang pengelolaan kelas
|
|||||||||||||||||||
4.1 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi
dalam pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
5. Merencanakan prosedur, jenis
dan menyiapkan alat penilaian
|
|||||||||||||||||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian
|
|
||||||||||||||||||
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
6. Tampilan dokumen rencana
pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
6.1 Kebersihan dan kerapian
|
|
||||||||||||||||||
6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
7 Tampilan Lembar Peta
Jaring-jaring Tematik
|
|||||||||||||||||||
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
|
|
||||||||||||||||||
|
Nilai APKG 1 = R
R = Rata-rata Butir
|
||||||||||||
Mengetahui
Tutor
Zaidan Jauhari, S.Pd, MT
|
Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,
|
|||||||||||
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1. NAMA
MAHASISWA
2. NIM
3. TEMPAT
MENGAJAR
4. KELAS/SEMESTER
5. MATA
PELAJARAN
6. TEMA
7. WAKTU
8. TANGGAL
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SUGIARTI
85669
MI ISTIQOMAH SEKAYU
1 / 1
1. BAHASA INDONESIA
2. MATEMATIKA
3. SBDP
KELUARGAKU
07.30 S.D 09.15 WIB
06 APRIL 2019
|
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung.
2. Pusatkan perhatian anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu
mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu
butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
1. 1. Melakukan pembelajaran
|
|
||||||||||
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas
|
|
||||||||||
b. Memulai
kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan
lingkungan
|
|
||||||||||
d. Melaksanakan
kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
|
|
||||||||||
e. Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi,
dan lingkungan
|
|
||||||||||
f. Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan
lingkungan
|
|
||||||||||
g. Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien
|
|
||||||||||
h. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
2. 2. Mengelola interaksi kelas
|
|||||||||||
a. Menunjukkan
perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
|
|
||||||||||
b. Memicu
dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
||||||||||
c. Melakukan
komunikasi secara efektif
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
3. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu
secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang
dinilai)
|
|||||||||||
a. Bahasa
Indonesia
|
|||||||||||
1) Mendemonstrasikan
penguasaan materi bahasa Indonesia
|
|
||||||||||
2) Memberikan
latihan keterampilan berbahasa
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
b. MATEMATIKA
|
|||||||||||
1) Mengembangkan
pemahaman konsep
|
|
||||||||||
2) Mengembangkan
pemahaman konsep
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
c. SBDP
|
|||||||||||
1) Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan
|
|
||||||||||
2) Penguasaan
materi
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
Nilai APKG 2 = K
R = Rata-rata Butir
|
Mengetahui
Tutor
Zaidan Jauhari, S.Pd, MT
|
Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,
|
LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU
Nama
Mahasiswa : SUGIARTI
NIM
: 85669
Nama
Sekolah
: MI ISTIQOMAH
SEKAYU
Jumlah
Siswa
: 30 0rang
1. Bagaimana cara saya memilih tema untuk
pembelajaran terpadu?
Jawab :
2. Apakah yang saya rasakan saat saya
melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawab :
Contoh Isian: Saya merasa senang karena siswa
saya lebih mudah memahami materi yang saya sampaikan.
3. Masalah / kendala apa yang saya alami
saat melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawab :
4. Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada
saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
Jawab :
5. Apakah komentar / saran teman sejawat /
Kepala sekolah terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran
terpadu ?
Jawab :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar