Jumat, 19 April 2019

PENDIDIKAN


LAPORAN SIMULASI
PEMBELAJARAN TERPADU DI SD ( PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2019.1






DISUSUN OLEH :

NAMA                           : SUGIARTI  S. Pd. I
NIM                               : 85669
SEMESTER                 : 1  (SATU)
POKJAR                       : SEKAYU
KABUPATEN MUSI BANYUASIN



UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) PALEMBANG
POKJAR SEKAYU
TAHUN 2019

KATA PENGANTAR

        Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu  ini sebagai suat rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester I (satu) masa ujian 2019.1.
       Laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD. Saya dengan segala kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon bimbingannya demi kebaikan saya di masa-masa yang akan datang.
Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.       Ibu Aminah, S. Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Sekayu yang telah membantu saya secara administrasi.
2.       Bapak Zaidan Jauhari, S.Pd, MT, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
3.     Bapak Alamsyah, SH, selaku Kepala MI. Istiqomah Sekayu yang memberikan fasilitas dan sarana praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
4.       Ibu  Siti  Zuchriyah   selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
5.       Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
       Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat kerja masing-masing.


Sekayu,   06  April  2019
Mahasiswa



SUGIARTI, S. Pd.I
NIM. 85669


DAFTAR ISI


Halaman
1.     HALAMAN JUDUL       
                                                                                         
2.     KATA PENGANTAR     
                                                                       
3.     DAFTAR ISI                   
                                                                                               
4.     TEMA 1 : KELUARGAKU
A.    Peta Jaring-Jaring Tematik                                                                                      
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu 
C.     Bahan Ajar                                                                                                              
D.    Lembar Kerja Siswa                                                                                                
E.     APKG 1                                                                                                                   
F.      APKG 2                                                                                                                  
G.    Lembar Refleksi                                                                                                      
H.    Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Terpadu                                                 
I.       Rekapitulasi Nilai Praktik              
                                                                 
5.     PENUTUP           
                                                                                                     
6.     DAFTAR PUSTAKA
                                                                                                           
8.   LAMPIRAN













                                                           PETA JARING – JARING TEMATIK
                                                      MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
                                                         TEMA KELUARGAKU
 
 



























SATUAN  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA : KELUARGAKU

MATA PELAJARAN
:
1.   BAHASA INDONESIA
2.   MATEMATIKA
SBDP
TEMA
:
KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER
:
5 (LIMA)/ 2 (DUA)
WAKTU
:
2 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)

I.    KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
:
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
MATEMATIKA
:
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
SBDP
:
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatanmelipat, menggunting dan menempel.

II.   INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
:
3.3.1 Menyebutkan anggota keluarga.
MATEMATIKA
:
3.3.1 Menyebutkan banyak anggota keluarga.
SBDP
:
4.13.1 Membuat hiasan bingkai foto keluarga dengan teknik menempel.

III.    MATERI POKOK
·      Menyebutkan anggota keluarga.
·     Menyebutkan banyaknya anggota keluarga
·     Memberikan contoh kebersamaan dalam keluarga.
·     Membuat hiasan bingkai foto keluarga dengan teknik menempel.
·     Melakukan senam irama sesuai contoh.

IV. METODE PEMBELAJARAN
·        Tanya  jawab
·        Penugasan
·        Ceramah

V.  STRATEGI  PEMBELAJARAN
a . Kegiatan Awal/Pendahuluan (25 Menit)
1.         Mengajak siswa berdoa akan belajar (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
2.         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.         Mengajak berdinamika dengan bertepuk tepuk.
4.         Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan kepada siswa yaitu tentang ”anggota  keluarga”
b.   Kegiatan Inti (65Menit)
1.         Siswa diminta mempersiapkan foto keluarga yang telah dibuat pada pembelajaran.
2.         Siswa mengamati gambar  keluarga udin (mengamati).
3.         Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang anggota keluarga yang ada di buku siswa (mengumpulkan informasi).
4.         Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan anggota keluarga (menalar).
5.         Siswa diminta untuk mewawancarai minimal 10 orang temannya mengenai siapa saja anggota keluarganya (mengkomunikasikan).
6.         Siswa menuliskan hasil wawancara pada tabel yang sudah disediakan (menalar).
c.   Kegiatan Akhir/Penutup (15 Menit)
1.         Bersama – sama siswa membuat kesimpulan rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3.         Melakukan penilaian.
4.         Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

VI.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·            Lingkungan sekitar (tata cara kehidupan daerah)
·            Buku Teks siswa
·            Kurikulum mata pelajaran

VII. PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
a.   Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
b.   Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
BAHASA INDONESIA
Rubrik Berlatih (Penilaian Bahasa Indonesia) Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
MATEMATIKA
Rubrik Berlatih (Matematika)
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
SBDP
d. Rubrik Berlatih (Penilaian Sbdp)
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian


A.    Unjuk Kerja

Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Mengamati Gambar
b. Rubrik Presentasi
Diskusi dan unjuk hasil
Rubrik penilaian
MATEMATIKA
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Mengamati Gambar
b. Rubrik Presentasi
Unjuk kerja dan hasil
Rubrik penilaian
SBDP
Penilaian uji unjuk kerja
a. Rubrik Mengamati Gambar
b. Rubrik Presentasi Peta Konsep
Unjuk kerja dan hasil
Rubrik penilaian

c.       Remedial
       Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

d.      Pengayaan
      Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.   Jurnal Penilaian Sikap
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.






Text Box: Refleksi Guru:
VIII.       SUMBER RUJUKAN
-   Sriwilujeng, Dyah dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik. Malang : Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama
-   Kusuma, Anis dan Sunarso. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas

Mengetahui
Tutor



Zaidan Jauhari, S.Pd, MT
Sekayu, 06 April 2019
Guru Tematik



Sugiarti, S.Pd.I





Soal
A.    BAHASA INDONESIA


B.  MATEMATIKA


C.    SBDP

Kunci Jawaban
BAHASA INDONESIA
1.   Kebijakan guru
2.   Kebijakan  guru
3.   Kebijakan  guru

MATEMATIKA
1.   8 + 8 = 16
2.   7 + 3 = 10
3.   6 + 5 = 11

SBDP
Kebijakan  guru































BAHAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA : KELUARGAKU

BAHASA INDONESIA

MATEMATIKA
Penjumlahan


SBDP





LEMBAR KERJA SISWA  
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA : KELUARGAKU

TUGAS PORTOFOLIO KELOMPOK

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
..........................................................
..........................................................

BAHASA INDONESIA
MATEMATIKA



SBDP

Kunci  Jawaban

Bahasa  Indonesia
Kebijakan  guru

MATEMATIKA
4.   8 + 8 = 16
5.   7 + 3 = 10
6.   6 + 5 = 11

SBDP
Kebijakan  guru

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU

1.      NAMA MAHASISWA  
2.      NIM                                 
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                              
7.      WAKTU                          
8.      TANGGAL                          

:
:
:
:
:


:
:
:

SUGIARTI
85669
MI  ISTIQOMAH SEKAYU
1 / 1
1.   BAHASA INDONESIA
2.   MATEMATIKA
3.   SBDP
KELUARGAKU
07.30 S.D 09.15 WIB
06 APRIL  2019

PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.   Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
A1A
A2A
A3A
A4A
A5A
1.1  Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
1.2  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai  dengan Standar Isi dan Kompetensi
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
1.3 Merumuskan tujuan/indikator
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 1 = A
2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan   materi dari 3 mata pelajaran
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
2.3 Memilih sumber belajar
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 2 = B
3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu
3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
3.2  Menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
3.4  Menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
3.5  Menentukan cara-cara memotivasi siswa
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 3 = C
4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 4 = D
5.      Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 5 = E
6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu
6.1  Kebersihan dan kerapian
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
6.2  Penggunaan bahasa tulis
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 6 = F
7        Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
7.1 Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
ADA
ADA
ADA
ADA
ADA
Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R

R =
A+B+C+D+E+F+G
= .....
7

R = Rata-rata Butir
Mengetahui
Tutor




Zaidan Jauhari, S.Pd, MT
Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,




ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU

1.      NAMA MAHASISWA  
2.      NIM                                 
3.      TEMPAT MENGAJAR
4.      KELAS/SEMESTER
5.      MATA PELAJARAN


6.      TEMA                              
7.      WAKTU                          
8.      TANGGAL                          

:
:
:
:
:


:
:
:

SUGIARTI
85669
MI  ISTIQOMAH SEKAYU
1 / 1
1.   BAHASA INDONESIA
2.   MATEMATIKA
3.   SBDP
KELUARGAKU
07.30 S.D 09.15 WIB
06 APRIL  2019

PETUNJUK :
1.   Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.   Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran  serta dampaknya pada diri siswa.
3.   Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.   Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan  khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.     1.  Melakukan pembelajaran
1
2
3
4
5
a.       Melaksanakan tugas rutin kelas
AD
AD
AD
AD
AD
b.      Memulai kegiatan pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
AD
AD
AD
AD
AD
d.      Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
AD
AD
AD
AD
AD
e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan
AD
AD
AD
AD
AD
f.       Menggunakan media belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
AD
AD
AD
AD
AD
g.      Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
AD
AD
AD
AD
AD
h.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 1 = P
2.     2. Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
AD
AD
AD
AD
AD
b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
AD
AD
AD
AD
AD
c.       Melakukan komunikasi secara efektif
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 2 = Q
3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
a.      Bahasa Indonesia
1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
AD
AD
AD
AD
AD
2)      Memberikan latihan keterampilan berbahasa
AD
AD
AD
AD
AD
3)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 3a = R
b.      MATEMATIKA
1)      Mengembangkan pemahaman konsep
AD
AD
AD
AD
AD
2)      Mengembangkan pemahaman konsep
AD
AD
AD
AD
AD
3)      Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 3b = R
c.       SBDP
1)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan
AD
AD
AD
AD
AD
2)      Penguasaan materi
AD
AD
AD
AD
AD
Rata-rata butir 5 = T

Nilai APKG  =  K

R =
P+Q+R+S+T
= .....
5
R = Rata-rata Butir

Mengetahui
Tutor



Zaidan Jauhari, S.Pd, MT
Sekayu, 06 April 2019
Pengamat
Teman Sejawat,















LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU

Nama Mahasiswa          : SUGIARTI
NIM                               : 85669
Nama Sekolah                : MI  ISTIQOMAH  SEKAYU
Jumlah Siswa                 : 30 0rang

1.       Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
Jawab :


2.       Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawab :
Contoh Isian: Saya merasa senang karena siswa saya  lebih mudah memahami  materi yang saya sampaikan.


3.   Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawab :



4.   Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran dikelas?
Jawab :


5.   Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
Jawab :











Tidak ada komentar:

Posting Komentar