Sabtu, 06 April 2019

PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU



MAKALAH


MODUL 5
    PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
Disusun
O
L
E
H
Kelompok 5 (Lima)

1.        Riyo Handoyo                      ( 856690902 )
2.        Maulidiyah                           ( 856695317 )
3.        Siti Zuchriyah                      ( 856691176 )
4.        Sugiarti                                 ( 856691216 )


Tutor:  Zaidan Jauhari, S. Pd. M. T


PROGRAM STUDI PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
2019.1






KATA PENGANTAR


           Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga saya selaku mahasiswa S1
PGSD Guru Kelas, dapat menyusun Penilaian dalam Pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu  ini sebagai suatu rangkaian pada mata kuliah Pembelajaran
Terpadu di SD semester I (Satu).
                 Demikian sepatah kata dari saya sebagai pengantar pada laporan
ini, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri
khususnya dan bagi teman-teman semua pada umumnya selaku mahasiswa
serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di tempat
kerjamasing-masing.




Sekayu,   April 2019


      Kelompok V








i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………….    i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………   ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG ………………………………………………………………   1
B.     RUMUSAN MASALAH ……………………………………………………………   1
C.    TUJUAN PENULISAN ……………………………………………………………..  1

BAB  II
PEMBAHASAN MASALAH
A.      PENILAIAN DALAM  PEMBELAJARAN TERPADU ………………………..   2
B.       KONSEP, PRINSIP, DAN SASARAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU  ..……………………………………………………………………………………...   2
C.      PROSEDUR PENGEMBANGAN DAN FORMAT PENILAIAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SD   ………………………….……….……..   4

BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN …………………………………………………………………….   6
B.       SARAN ……………………………………………………………………………..   6

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………..    7










ii

BAB I
PENDAHULUAN


D.    LATAR BELAKANG
Penilaian dalam pembelajaran terpadu dilakukan tidak hanya untuk menilai hasil belajar siswa melainkan juga menilai proses belajar siswa. Dalam melakukan penilaian pembelajaran terpadu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru, terutama yang berhubungan dengan jenis kopetensi yang akan dinilai, tujuan penilaian yang dilakukan, teknik-teknik penilaian yang digunakan, dan jenis penilaian yang akan digunakan. Dengan demikian, kegiatan penilaian yang dilakukan menjadi tepat sasaran, terarah, dan terencana. Dalam makalah ini kami menjabarkan sedikit tentang perencanaan pembelajaran terpadu.

E.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana Penilaian dalam pembelajaran terpadu?
2.      Bagaimana Konsep, Prinsip, dan Penilaian dalam Pembelajaran Terpadu?
3.      Bagaimana Format Penilaian Pembelajaran Terpadu di SD?

F.     TUJUAN PENULISAN
1.      Untuk mengetahui bagaimana Penilaian dalam Pembelajaran Terpadu.
2.      Untuk mengetahui bagaimana Konsep, Prinsip, dan Sasaran Penilaian dalam Pembelajaran Terpadu.
3.      Untuk mengetahui bagaimana Prosedur Pengembangan dan Format Penilaian Pembelajaran Terpadu di SD.


BAB  II
PEMBAHASAN MASALAH


A.     PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU

Penilaian dalam pembelajaran terpadu dilakukan tidak hanya untuk menilai hasil belajar siswa melainkan juga menilai proses belajar siswa. Dalam melakukan penilaian pembelajaran terpadu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru, terutama yang berhubungan dengan jenis kopetensi yang akan dinilai, tujuan penilaian yang dilakukan, teknik-teknik penilaian yang digunakan, dan jenis penilaian yang akan digunakan. Dengan demikian, kegiatan penilaian yang dilakukan menjadi tepat sasaran, terarah, dan terencana.

KB. 1
B.       KONSEP , PRINSIP, DAN SASARAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU

      A.    KONSEP PENILAIAN
Secara umum tujuan penilaian adalah untuk menilai pembelajaran di kelas dan untuk meningkatkan pembelajaran dan kualitas belajar siswa dan bukan sekedar menentukan skor.
Dengan demikian hasil penilaian dapat memenuhi banyak tujuan diantaranya adalah Placement untuk memenuhi kebutuhan siswa secara tepat , Instruction untuk membantu siswa agar pembelajaran lebih terfokus , dan Komunication  untuk memberikan informasi kepada siswa , guru , orang tua , dan sebagainya.
     
B.     PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN PEMBELAJARAN TERPADU
Untuk memperoleh hasil penilaian yang akurat , kegiatan penilaian hendaknya didasarkan pada :
1.      Prinsip Integral / Komprehensif
2.      Prinsip berkesinambungan
3.      Prinsip objektif

Penialaian harus dilakukan secara formal, rasional dan tidak rancu sebagaimana dikemukakan oleh Mathews (1989)


1.      Penilaian Proses
a.       Penilaian terhadap siswa yang mencakup :
·      Perkembangan konseptual anak
·      Tingkat kemampuan menghadapi tantangan
·      Interaksi siswa dengan siswa lainnya
·      Kemampuan anak berkomunikasi
·      Kerasionalan argument/alsan
·      Kerjasama dan kekompakan serta produktivitas kegiatan kelompok
·      Partisipasi siswa dalam diskusi kelompok
·      Penggunaan bahasa dengan baik dan benar sesuai tingkat kemampuan siswa
b.      Penilaian terhadap guru
·      Proses pembelajaran
·      Pendekatan dan metode yang digunakan
·      Materi peembelajaran yang mencakup : pemilihan tema, topik, dan unit
·      Kelengkapan pembelajaran yang disesuaikan guru

2.      Penilaian Terhadap Produk Kegiatan
Penilaian terhadap produk meliputi :
a.       Penilaian terhadap siswa dilakukan melalui pengamatan terhadap hasil belajar
      anak.
b.      Penilaian terhadap guru dilakukan berdasarkan hasil.

Penilaian yang dilakukan hendanya valid, mendidik, berorientasi pada kompetensi, adil dan objektif , terbuka , dan berkesinambngan sebagaimana disarankan dalam Penilaian Berbasis Kelas (PBK).

     C.     BENTUK ALAT PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
1.      Bentuk Penilai Alternatif
a.       Catatan sekolah
b.      Cuplikan kerja
c.       Portofolio
d.      Wawancara
e.       Observasi
f.       Jurnal
g.      Rubric
h.      Catatan anecdotal ( File Card)

Dalam penilaian pembelajaran terpadu , penilaian dilakukan berkaitan dengan ranah kognitif , afektif , dan psikomotor (kognisi, sikap, dan keterampilan)

2.      Bentuk Penilaian Konvensional
Teknik penilaian konvensional bentuk tes meliputi tes objektif dan tes subjektif yang mengacu pada system scoring.

KB. 2
C.      PROSEDUR PENGEMBANGAN DAN FORMAT PENILAIAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SD

      A.    PROSEDUR PENILAIAN PEMBELAJARAN TERPADU

Tahapan-tahapan penilaian :
1.      Perencanaan
a.       Merumuskan tujuan yang ingin dicapai baik itu oleh guru maupun siswa.
b.      Menentukan criteria keberhasilan yang ingin dicapai, baik oleh siswa maupun
      oleh guru.
c.      Menentukan teknik dan instrument yang akan digunakan dalam proses
      penilaian.

2.      Pelaksanaan
a.       Penilaian berlangsung sejak awal sampai dengan akhir proses pembelajaran
b.      Penilaian harus dilihat sebagai proses yang berkelanjutan, lebih dari sekedar
      salah satu aspek belajar yang harus dicapai sebagai bagian suatu program
c.      Penilaian dapat diarahkan pada proses maupun produk serta program

3.      Penyusunan dan penyajian laporan
Penyusunan laporan dilakukan secara logis , sistematis , dan secara komprehensif yang diakhiri dengan sejumlah rekomendasi dan saran-saran.

4.      Tahap Tindak-lanjut
Hasil pengamatan dan saran ditindaklanjuti bsecara operasional , namun tidak semua kegiatan akhir tindak lanjut dilakukan pada akhir kegiatan karena penilaian dilakukan secara terus menerus , dan umpan balik dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar.



     B.     FORMAT PENILAIAN PEMBELAJARAN TERPADU

1. Format Observasi : Penilaian dilakukan baik pada tahap perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran terpadu dengan indicator kemampuan dan penguasaan yang telah ditetapkan. Dari segi sasarannya, penilaian difokuskan pada proses maupun produk pembelajaran.

2.  Format Penilaian Diri Siswa : Format penilaian diri dalam bentuk jurnal tulisan siswa dapat digunakan sebagai masukan bagi guru untuk memberikan pertimbangan , motivasi, dan penguatan kepada siswa berkaitan dengan upaya peningkatan kemajuan belajar selanjutnya.

3.   Format Portofolio : portofolio dapat dijadikan sebagai salah satu masukan bagi guru untuk memutuskan nilai setiap siswa serta penyusunan perencanaan pembelajaran selanjutnya.

4.  Rubric : criteria penilaian dapat disusun secara kolaboratif dengan melibatkan siswa sehingga anak dapat mengetahui criteria tersebut dan dapat mengukur kemampuannya.

5.   Cuplikan Kerja : dalam menilai performasi belajar siswa , guru dapat melakukan pemberian tugas yang menuntut mereka untuk memperlihatkan hasil unjuk kerja mereka . Siswa diberi kesempatan untuk memaparkan rencana kegiatannya maka guru sudah dapat memberikan pertimbangan pencapaian kemampuan , keterampilan, sikap dan pemahaman tentang konsep yang telah dipelajari dengan melakukan penilaian terhadap hasil unjuk kerja siswa (cuplikan kerja siswa)

6.   Masukan Orang Tua : masukan orang tua dimanfaatkan untuk memperbaiki pembimbingan anak dan juga strategi belajar mengajar dikelas. Penyelenggaraan pengamatan oleh orang tua pun memungkinkan guru dan orang tua berorientasi dalam kaitan kemajuan dan kekurangan anak yang bersangkutan.

7.  Penilaian Berkala : penilaian berkala terdiri dari beberapa aspek sifat yang dinilai . Penialiannya  diubah dari kategori (data nominal) menjadi data interval dalam rentang 1-5. Meskipun pelaksanaannya bersifat subjektif , data itu tetap penting dan bermanfaat.




BAB III
PENUTUP


C.      Kesimpulan
Pembelajaran terpadu yang dapat dilihat pada alur penyusunan penilaian dalam  pembelajaran terpadu berikut ini: Secara umum tujuan penilaian adalah untuk menilai pembelajaran di kelas dan untuk meningkatkan pembelajaran dan kualitas belajar siswa dan bukan sekedar menentukan skor. Dengan demikian hasil penilaian dapat memenuhi banyak tujuan diantaranya adalah Placement untuk memenuhi kebutuhan siswa secara tepat , Instruction untuk membantu siswa agar pembelajaran lebih terfokus , dan Komunication  untuk memberikan informasi kepada siswa , guru , orang tua , dan sebagainya.
     
D.      Saran
Dalam hal ini penulis ingin menyampaikan saran, sebaiknya guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran anak di Sekolah Dasar dengan menyesuaikan krakteristik yang dimiliki oleh siswa SD.



DAFTAR PUSTAKA


http://nienxgeliz.blogspot.com/2017/08/rangkuman-makul-pembelajaran-terpadu-di.html
Mathews, Louis De Vries, dan Jean Crawford. (1989) Learning through an Integrated Curruculum: Approach and Guidelines.
Fajar. fajarsetia 2019.blogspot.com/2012/10/penilaian dalam-pembelajaran-terpadu.html
Resmini Novi dkk. 2009. Penilaian dalam Pembelajaran Terpadu di SD,Jakarta: UNIVERSITAS TERBUKA



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar