Rabu, 23 Oktober 2019

TUGAS MANDIRI MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



TUGAS MANDIRI

MAKALAH
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

MODUL 3
KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK
USIA SEKOLAH MENENGAH

KB 1
PERTUMBUHAN FISIK SERTA PERKEMBANGAN
INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL


DISUSUN
OLEH:

NAMA                                              : SUGIARTI   (856691216 )
TUTOR PEMBIMBING                 : ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, MT



PROGRAM STUDI PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
2019
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Puja dan Puji hanya layak tercurahkan kepada Allah SWT.  karena atas limpahan karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Manusia istimewa yang seluruh perilakunya layak untuk diteladani, yang seluruh ucapannya adalah kebenaran, yang seluruh getar hatinya kebaikan. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah ini tepat pada waktunya.
 Penulisan makalah ini dengan Judul : KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH  pada KB 1 PERTUMBUHAN FISIK SERTA PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL
karena sesuai dengan bidang mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Banyak kesulitan dan hambatan yang Penulis hadapi dalam membuat tugas  ini tapi dengan semangat dan kegigihan serta arahan, bimbingan dari berbagai pihak sehingga Penulis mampu menyelesaikan tugas  ini dengan baik,.Oleh karena itu pada kesempatan ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
  • Dosen mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan  Pembelajaran Di SD
  • Semua anggota  kelompok kerja pembuatan makalah ini yang tidak dapat disebut satu persatu.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna, oleh karena itu Penulis menerima saran dan kritik, guna kesempurnaan tugas mkalah ini dan bermanfaat bagi Penulis dan pembaca pada umumnya.


Sekayu,   Oktober 2019


Penyusun









ii
DAFTAR ISI


Halaman Judul ……………………………………………………………………………        i
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………      ii
Daftar Isi …………………………………………………………………………………      iii

BAB I   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang …………………………………………………………………….     1
B.     Rumusan Masalah ………………………………………………………………....     1
C.     Tujuan Pembelajaran ………………………………………………………………    1

BAB II PEMBAHASAN
Pertumbuahan Fisik Serta Perkembangan Intelektual dan Emosional
A.       Pertumbuhan Fisik atau Jasmani………………………………………………     2
B.       Perkembangan Intelektual……………………………………………………..     3
C.       Perkembangan Emosional ……………………………………………………..    3

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………..      4
B.     Saran ………………………………………………………………………………      4

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………     










iii
BAB I
PENDAHULUAN



A.           Latar Belakang  
Pada usia sekolah menengah, penampilan siswa berubah sebagai akibat perubahan hormon. Cara hidup mereka berubah sesuai dengan perkembangannya untuk mulai berfikir abstak. Perasaannya tentang banyak hal yang berubah. Di usia ini, siswa mengalami masa transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa. Pada umurnya dimulai pada usi 12 atau 13 than dan berakhir menjelang usia 20 tahun.
Perubahan pertumbuhan fisik yang dramatis pada tahap perkembangan siswa sekolah menengah. Kemudian kita lihat bagaimana siswa berkembang intelektualnya setelah mereka mampu berfikir abstrak. Proses berfikir mereka bukan hanya mempengaruhi sikap dan moralnya, tetapi juga erat kaitannya dengan pendidikan dan karier yang dipilihnya. Kematangan intelektual pada umumnya dianggap ada kaitannya dengan kemampuan berfikir abstrak. Kematangan emosional bergantung kepada ditemukannya identitas diri, ketidaktergantungan kepada orangtua, berkembangnya sistem nilai dan kemampuan untuk menjalin hubungan yang matang dalam persahabatan dan cinta.

B.            Rumusan Masalah
Maka berdasarkan latar belakang diatas rumusan permasalahannya adalah :
1.        Bagimana pertumbuhan fisik, perkembangan intelektual dan emosional anak usia sekolah menengah?

C.           Tujuan Pembelajaran
1.        Menjelaskan kaitan antara pertumbuhan fisik dan jasmani dengan perkembangan intelektual
2.        Menjelaskan kaitan antara perkembangan intelektual dan emosional












BAB II
PEMBAHASAN


KEGIATAN BELAJAR 1
PERTUMBUHAN FISIK SERTA PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL
Pada usia sekolah menengah yaitu usia SLTP dan SLTA anak  berada pada masa remaja atau pubertas atau adolesen. Masa remaja merupakan masa peralihan atau transisi antara masa  kanak-kanak tengah  dewasa perkembangan  aspek-aspek  kepribadian telah di awali pada masa-masa sebelumnya. Aspek perkembangan anak usia sekolah
(Usia 12 atau 13 tahun hingga 18 atau 19 tahun).
                   
A.           PERTUMBUHAN FISIK / JASMANI
Pada masa remaja perkembangan fisik mereka sangat cepat dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya anak-anak ini akan Nampak. Postur tubuhnya tinggi tetapi kurus, lengan kaki dan leher mereka panjang – panjang, baru kemudian berat badan mereka mengikuti dan pada akhir masa remaja proporsi tinggi dan berat badan mereka seimbang. Pada usia ini (11-12 tahun) tinggi badan anak laki-laki dan wanita tidak jauh berbeda. Pada usia 12 – 13 tahun pertambahan tinggi badan anak wanita lebih cepat dibandingkan anak laki-laki.
Selain terjadi pertambahan tinggi badan yang cepat pada masa ini remaja berlangsung perkembangan seksual yang cepat pula. Muncul ciri-cirinya kelamin primer berkenaan dengan perkembangan alat-alat produksi baik pada pria maupun wanita.
Pada anak masa remaja anak wanita mulai mengalami menstruasi dan laki-laki mengalami mimpi basah, pengalaman ini menandakan memasuki kematangan seksual. Ciri-ciri  kelamin sekunder berkenaan dengan tumbuhnya buku-buku pada seluruh badan, perubahan suara menjadi semakin rendah – besar (lebih – lebih pada pria).
Perbedaan profil perkembangan fisik antara siswa SLTP dengan siswa SLTA
No.
Siswa SLTP (Remaja Awal)
Siswa SLTA (Remaja Akhir)
1.
Laju perkembangan secara umum berlangsung secara pesat
Laju perkembangan secara umum menurun, sangat lambat
2.
Proporsi ukuran tinggi dan berat badan sering kurang seimbang
Proporsi ukuran tinggi dan berat badan lebih seimbang mendekati kekuatan tubuh orang dewasa
3.
Munculnya ciri-ciri sekunder
Siap berfungsinya organ-organ reproduksi
4.
Gerak-gerik tampak canggung dan kurang terkoordinasikan
Gerak-geriknya mulai mantap
5.
Aktif dalam berbagai jenis cabang permainan yang dicobanya
Jenis dan jumlah cabang permainan lebih selektif

B.            PERKEMBANGAN INTELEKTUAL
          Berfikir abstrak adalah berfikir tentang ide-ide yang oleh Jean Piaget disebut sebagai berpikir formal operasional. Perkembangan kemampuan berpikir normal operasional pada remaja ditandai dengan tiga hal penting pertama anak mulai mampu melihat (berpikir) tentang kemungkinan – kemungkinan kalau pada usia sekolah dasar hanya mampu melihat kenyataan kedua anak, mampu berpikir ilmiah remaja telah mampu mengikuti ilmiah, merumuskan masalah, membatasi masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan dan mengolah data. Pada usia sekolah dasar anak sudah memiliki kemampuan mengingat informasi dan ketrampilan memproses informasi tersebut.
Perbedaan profil perkembangan intelektual antara siswa SLTP dengan siswa SLTA

No.
Siswa SLTP (Remaja Awal)
Siswa SLTA (Remaja Akhir)
1.
Proses berpikirnya sudah mampu mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal
Sudah mampu mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal disertai kemampuannya membuat generalisasi
2.
Kecakapan dasar umum menjalani laju perkembangan yang terpesat
Tercapainya titik puncak
3.
Kecapakan dasar khusus mulai menunjukkan kecenderungan-kecenderungan lebih jelas
Kecenderungan bakat tertentu mencapai titik puncak dan kemantapannya

C.           PERKEMBANGAN EMOSIONAL
          Kebanyakan remaja merasa dekat dengan orang tuanya karena memiliki nilai-nilai yang sama dalam banyak hal dan masih memerlukan orang tua untuk melakukan hal – hal tertentu sebagian remaja memiliki ketegangan antara dua hal yang yaitu keinginan untuk melepaskan diri dari orang tua dan adanya ketergantungan kepada orang tua pun ada halnya berada dalam persimpangan antara melepas anak untuk mandiri atau tetap melindunginya.
Konflik remaja lebih sering terjadi dengan ibunya daripada dengan ayahnya, hal ini disebabkan karena ibu lebih dekat hubungannya dengan anak dan merasa sakit untuk melepas anak.
          Konflik remaja lebih sering terjadi dengan ibunya.Konflik remaja akan hilang dengan sendirinya pada usia 18 th.Semakin kuat perhatian orang tua terhadap kehidupan remaja, akan semakin tinggi prestasi yang diraihnya di sekolah (Dianne Pappalia, 1992).







BAB II
PENUTUP


A.           KESIMPULAN
Berdasarkan latar belakang diatas dapat di simpulkan bahwa:
1.        Pada usia sekolah menengah yaitu usia SLTP dan SLTA anak berada pada masa remaja atau pubertas atau adolesen.
2.        Aspek perkembangan anak usia sekolah (Usia 12 atau 13 tahun hingga 18 atau 19 tahun).
v   Pertumbuhan fisik / jasmani
v   Perkembangan intelektual
v   Perkembangan emosional

B.            SARAN
     Disarankan kepada orang tua dan guru untuk selalu kerja sama, sebagai guru kita dapat menciptakan suasana kelas yang demokratis, merencanakan pembelajaran yang bervariasi serta mengadakan hubungan atau komunikasi dengan menggunakan pendekatan pribadi.


















DAFTAR PUSTAKA

Herlin Mayalina. 2015. Perkembangan Peserta Didik Modul 3
http://rangkumanherlinmayalina.blogspot.com/2015/06/perkembangan-peserta-didik-modul-3.html

Masum Roni. 2014. Tugas Karakteristik dan Kebutuhan
https://masumroni.blogspot.com/2014/06/tugas-karakteristik-dan-kebutuhan.html?

Sumantri, Mulyadi. 2019. Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka

Vievaladieda. 2015. Rangkuman Mata Kuliah Perkembangan
http://vievalavieda.blogspot.com/2015/06/rangkuman-mata-kuliah-perkembangan.html

Yusuf.. 2016. Resume Materi MKDK 4002. Perkembangan Peserta Didik.
http://catatanyusufjabung.blogspot.com/2016/04/resume-materi-mkdk4002-perkembangan. Peserta Didik html














DAFTAR TUGAS

A.           TUGAS KELOMPOK
v  KELOMPOK                          : III (TIGA)
v  NAMA KELOMPOK             :
a.      Ketua            : Sugiarti
  Nim               : 856691216

b.      Anggota        :    1.   Sumiati            (856691223)
2.   Suparman      (856691248)
3.       Tri Agustina (856692296)

v  Judul Makalah : Modul 3
KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH

v  Tanggal Diskusi                         :
v  Tanggal Penyerahan Tugas      :

B.            TUGAS MANDIRI
Nama                                        : Sugiarti
Nim                                           : 856691216
Judul Makalah                         : Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik    Usia
                                                              Sekolah Menengah
Kegiatan Belajar (KB)            : 1. Pertumbuhan Fisik Serta Perkembangan
                           Intelektual Dan Emosional

Tanggal Penyerahan Tugas    :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar