TUGAS MANDIRI
MAKALAH
PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK
MODUL 3
KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK
USIA SEKOLAH MENENGAH
KB 1
PERTUMBUHAN FISIK SERTA
PERKEMBANGAN
INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL
DISUSUN
OLEH:
NAMA :
SUGIARTI (856691216 )
TUTOR PEMBIMBING : ZAIDAN JAUHARI, S.Pd, MT
PROGRAM STUDI PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
2019
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
2019
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, Puja dan Puji hanya layak tercurahkan kepada
Allah SWT. karena atas limpahan
karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad
Shallallahu’alaihi wa sallam. Manusia istimewa yang seluruh perilakunya layak
untuk diteladani, yang seluruh ucapannya adalah kebenaran, yang seluruh getar
hatinya kebaikan. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah ini
tepat pada waktunya.
Penulisan makalah ini dengan Judul :
KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH pada KB 1 PERTUMBUHAN FISIK SERTA
PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL
karena sesuai dengan bidang mata kuliah Perkembangan Peserta
Didik. Banyak kesulitan dan hambatan yang Penulis hadapi dalam membuat tugas ini tapi dengan semangat dan kegigihan serta
arahan, bimbingan dari berbagai pihak sehingga Penulis mampu menyelesaikan
tugas ini dengan baik,.Oleh karena itu
pada kesempatan ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
- Dosen mata kuliah Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran Di SD
- Semua anggota kelompok kerja pembuatan makalah ini
yang tidak dapat disebut satu persatu.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna,
oleh karena itu Penulis menerima saran dan kritik, guna kesempurnaan tugas
mkalah ini dan bermanfaat bagi Penulis dan pembaca pada umumnya.
Sekayu, Oktober 2019
Penyusun
ii
DAFTAR ISI
Halaman Judul
…………………………………………………………………………… i
Kata Pengantar
…………………………………………………………………………… ii
Daftar Isi
………………………………………………………………………………… iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
……………………………………………………………………. 1
B.
Rumusan Masalah
……………………………………………………………….... 1
C.
Tujuan Pembelajaran ……………………………………………………………… 1
BAB II
PEMBAHASAN
Pertumbuahan
Fisik Serta Perkembangan Intelektual dan Emosional
A. Pertumbuhan
Fisik atau Jasmani……………………………………………… 2
B. Perkembangan
Intelektual…………………………………………………….. 3
C. Perkembangan
Emosional …………………………………………………….. 3
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan ……………………………………………………………………….. 4
B.
Saran ……………………………………………………………………………… 4
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………
iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada
usia sekolah menengah, penampilan siswa berubah sebagai akibat perubahan
hormon. Cara hidup mereka berubah sesuai dengan perkembangannya untuk mulai
berfikir abstak. Perasaannya tentang banyak hal yang berubah. Di usia ini,
siswa mengalami masa transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa. Pada
umurnya dimulai pada usi 12 atau 13 than dan berakhir menjelang usia 20 tahun.
Perubahan
pertumbuhan fisik yang dramatis pada tahap perkembangan siswa sekolah menengah.
Kemudian kita lihat bagaimana siswa berkembang intelektualnya setelah mereka
mampu berfikir abstrak. Proses berfikir mereka bukan hanya mempengaruhi sikap
dan moralnya, tetapi juga erat kaitannya dengan pendidikan dan karier yang
dipilihnya. Kematangan intelektual pada umumnya dianggap ada kaitannya dengan
kemampuan berfikir abstrak. Kematangan emosional bergantung kepada ditemukannya
identitas diri, ketidaktergantungan kepada orangtua, berkembangnya sistem nilai
dan kemampuan untuk menjalin hubungan yang matang dalam persahabatan dan cinta.
B.
Rumusan
Masalah
Maka berdasarkan latar belakang diatas
rumusan permasalahannya adalah :
1.
Bagimana pertumbuhan fisik, perkembangan
intelektual dan emosional anak usia sekolah menengah?
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menjelaskan kaitan antara pertumbuhan
fisik dan jasmani dengan perkembangan intelektual
2.
Menjelaskan kaitan antara perkembangan
intelektual dan emosional
BAB II
PEMBAHASAN
KEGIATAN
BELAJAR 1
PERTUMBUHAN
FISIK SERTA PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL
Pada
usia sekolah menengah yaitu usia SLTP dan SLTA anak berada pada masa remaja atau pubertas atau
adolesen. Masa remaja merupakan masa peralihan atau transisi antara masa kanak-kanak tengah dewasa perkembangan aspek-aspek kepribadian telah di awali pada masa-masa
sebelumnya. Aspek perkembangan anak usia sekolah
(Usia 12 atau 13 tahun hingga 18 atau 19 tahun).
(Usia 12 atau 13 tahun hingga 18 atau 19 tahun).
A.
PERTUMBUHAN
FISIK / JASMANI
Pada
masa remaja perkembangan fisik mereka sangat cepat dibandingkan dengan
masa-masa sebelumnya anak-anak ini akan Nampak. Postur tubuhnya tinggi tetapi
kurus, lengan kaki dan leher mereka panjang – panjang, baru kemudian berat
badan mereka mengikuti dan pada akhir masa remaja proporsi tinggi dan berat
badan mereka seimbang. Pada usia
ini (11-12 tahun) tinggi badan anak laki-laki dan wanita tidak jauh berbeda.
Pada usia 12 – 13 tahun pertambahan tinggi badan anak wanita lebih cepat
dibandingkan anak laki-laki.
Selain
terjadi pertambahan tinggi badan yang cepat pada masa ini remaja berlangsung
perkembangan seksual yang cepat pula. Muncul ciri-cirinya kelamin primer
berkenaan dengan perkembangan alat-alat produksi baik pada pria maupun wanita.
Pada anak masa remaja anak wanita mulai mengalami menstruasi dan laki-laki mengalami mimpi basah, pengalaman ini menandakan memasuki kematangan seksual. Ciri-ciri kelamin sekunder berkenaan dengan tumbuhnya buku-buku pada seluruh badan, perubahan suara menjadi semakin rendah – besar (lebih – lebih pada pria).
Pada anak masa remaja anak wanita mulai mengalami menstruasi dan laki-laki mengalami mimpi basah, pengalaman ini menandakan memasuki kematangan seksual. Ciri-ciri kelamin sekunder berkenaan dengan tumbuhnya buku-buku pada seluruh badan, perubahan suara menjadi semakin rendah – besar (lebih – lebih pada pria).
Perbedaan profil perkembangan fisik antara siswa SLTP dengan
siswa SLTA
No.
|
Siswa SLTP (Remaja Awal)
|
Siswa SLTA (Remaja Akhir)
|
1.
|
Laju
perkembangan secara umum berlangsung secara pesat
|
Laju
perkembangan secara umum menurun, sangat lambat
|
2.
|
Proporsi
ukuran tinggi dan berat badan sering kurang seimbang
|
Proporsi
ukuran tinggi dan berat badan lebih seimbang mendekati kekuatan tubuh orang
dewasa
|
3.
|
Munculnya
ciri-ciri sekunder
|
Siap
berfungsinya organ-organ reproduksi
|
4.
|
Gerak-gerik
tampak canggung dan kurang terkoordinasikan
|
Gerak-geriknya
mulai mantap
|
5.
|
Aktif
dalam berbagai jenis cabang permainan yang dicobanya
|
Jenis
dan jumlah cabang permainan lebih selektif
|
B.
PERKEMBANGAN
INTELEKTUAL
Berfikir abstrak
adalah berfikir tentang ide-ide yang oleh Jean Piaget disebut sebagai berpikir
formal operasional.
Perkembangan
kemampuan berpikir normal operasional pada remaja ditandai dengan tiga hal
penting pertama anak mulai mampu melihat (berpikir) tentang kemungkinan –
kemungkinan kalau pada usia sekolah dasar hanya mampu melihat kenyataan kedua
anak, mampu berpikir ilmiah remaja telah mampu mengikuti ilmiah, merumuskan
masalah, membatasi masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan dan mengolah data.
Pada usia sekolah dasar anak sudah memiliki kemampuan mengingat informasi dan
ketrampilan memproses informasi tersebut.
Perbedaan
profil perkembangan intelektual antara siswa SLTP dengan siswa SLTA
No.
|
Siswa SLTP (Remaja Awal)
|
Siswa SLTA (Remaja Akhir)
|
1.
|
Proses
berpikirnya sudah mampu mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal
|
Sudah
mampu mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal disertai kemampuannya
membuat generalisasi
|
2.
|
Kecakapan
dasar umum menjalani laju perkembangan yang terpesat
|
Tercapainya
titik puncak
|
3.
|
Kecapakan
dasar khusus mulai menunjukkan kecenderungan-kecenderungan lebih jelas
|
Kecenderungan
bakat tertentu mencapai titik puncak dan kemantapannya
|
C.
PERKEMBANGAN
EMOSIONAL
Kebanyakan remaja merasa dekat dengan
orang tuanya karena memiliki nilai-nilai yang sama dalam banyak hal dan masih
memerlukan orang tua untuk melakukan hal – hal tertentu sebagian remaja
memiliki ketegangan antara dua hal yang yaitu keinginan untuk melepaskan diri
dari orang tua dan adanya ketergantungan kepada orang tua pun ada halnya berada
dalam persimpangan antara melepas anak untuk mandiri atau tetap melindunginya.
Konflik remaja lebih sering terjadi dengan ibunya daripada dengan ayahnya, hal ini disebabkan karena ibu lebih dekat hubungannya dengan anak dan merasa sakit untuk melepas anak.
Konflik remaja lebih sering terjadi dengan ibunya daripada dengan ayahnya, hal ini disebabkan karena ibu lebih dekat hubungannya dengan anak dan merasa sakit untuk melepas anak.
Konflik remaja lebih sering terjadi
dengan ibunya.Konflik remaja akan hilang dengan sendirinya pada usia 18
th.Semakin kuat perhatian orang tua terhadap kehidupan remaja, akan semakin
tinggi prestasi yang diraihnya di sekolah (Dianne Pappalia, 1992).
BAB II
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan latar belakang diatas dapat di simpulkan bahwa:
1.
Pada usia sekolah menengah yaitu usia
SLTP dan SLTA anak berada pada masa remaja atau pubertas atau adolesen.
2.
Aspek perkembangan anak usia sekolah (Usia
12 atau 13 tahun hingga 18 atau 19 tahun).
v Pertumbuhan fisik /
jasmani
v Perkembangan intelektual
v Perkembangan
emosional
B.
SARAN
Disarankan kepada orang tua dan guru untuk selalu kerja sama, sebagai
guru kita dapat menciptakan suasana kelas yang demokratis, merencanakan
pembelajaran yang bervariasi serta mengadakan hubungan atau komunikasi dengan
menggunakan pendekatan pribadi.
DAFTAR
PUSTAKA
Herlin
Mayalina. 2015. Perkembangan Peserta Didik Modul 3
http://rangkumanherlinmayalina.blogspot.com/2015/06/perkembangan-peserta-didik-modul-3.html
Masum Roni. 2014. Tugas
Karakteristik dan Kebutuhan
https://masumroni.blogspot.com/2014/06/tugas-karakteristik-dan-kebutuhan.html?
Sumantri,
Mulyadi. 2019. Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan. Universitas
Terbuka
Vievaladieda. 2015.
Rangkuman Mata Kuliah Perkembangan
http://vievalavieda.blogspot.com/2015/06/rangkuman-mata-kuliah-perkembangan.html
Yusuf.. 2016. Resume
Materi MKDK 4002. Perkembangan Peserta Didik.
http://catatanyusufjabung.blogspot.com/2016/04/resume-materi-mkdk4002-perkembangan.
Peserta Didik html
DAFTAR
TUGAS
A.
TUGAS
KELOMPOK
v KELOMPOK : III (TIGA)
v NAMA KELOMPOK :
a.
Ketua
: Sugiarti
Nim :
856691216
b.
Anggota :
1. Sumiati (856691223)
2. Suparman (856691248)
3. Tri Agustina (856692296)
v Judul Makalah : Modul 3
KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN
PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH
v Tanggal Diskusi :
v Tanggal Penyerahan Tugas :
B.
TUGAS
MANDIRI
Nama :
Sugiarti
Nim : 856691216
Judul Makalah : Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik Usia
Sekolah Menengah
Kegiatan Belajar (KB) : 1. Pertumbuhan Fisik Serta
Perkembangan
Intelektual Dan
Emosional
Tanggal
Penyerahan Tugas :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar